13 April

AKMI Kembali Sukses Melaksanakan Ujian Keahlian Pelaut (UKP) Model CBA di Kampus Sendiri

Pada hari Rabu dan Kamis, 11-12 April 2018 kampus AKMI Cirebon kembali menggelar UKP (Ujian Keahlian Pelautan) bagi taruna yang akan berlayar ( UKP Pra Prala) dan taruna yang telah menyelesaikan masa layar selama 12 bulan di kapal-kapal Niaga ( UKP Pasca Prala) dibawah pengawasan dari Dewan Pengujian Keahlian Pelaut (DPKP) BPSDM Perhubungan dan Panitia Ujian Keahlian Pel aut (PUKP) Wilayah 3 Jakarta. Di mana pelaksanaan Ujian Negara tersebut menggunakan Sistem Komputer atau yang biasa disebut Computer Based Assessment (CBA) sesuai dengan IMO STCW Amandemen Manilla 2010.

 

Pelaksanaan UKP bisa dilaksanakan di kampus sendiri dikarenakan AKMI sebagai Diklat Maritim Pelayaran Besar telah memiliki Sertifikat Approval untuk Jurusan Nautika dan Teknika (ANT III dan ATT III).

Sebanyak 107 taruna/i AKMI mengikuti Ujian Keahlian Pelaut (UKP), diantaranya tingkat Pra Prala Prodi Nautika 23 taruna dan Prodi Teknika 36 Taruna, sedangkan untuk tingkat Pasca Prala Prodi Nautika 26 Taruna dan Prodi Teknika 22 taruna.

Semoga dengan terlaksananya UKP diharapkan AKMI Cirebon dapat menghasilkan perwira pelayaran niaga yang beretika, berintegritas serta berwawasan global.