12 Februari

AKMI MENDAPATKAN KUNJUNGAN DARI SEKOLAH MENEGAH ATAS BERBAGAI WILAYAH DI JAWA BARAT

Kunjungan siswa ke perguruan tinggi baik PTN maupun PTS di Indonesia merupakan salah satu cara untuk mengenalkan atmosfer akademis kampus kepada para pelajar selaku calon mahasiswa. Berkaitan dengan hal itu, setiap sekolah menengah atas atau sederajat memiliki program rutin berupa kunjungan ke kampus-kampus untuk mengenal dan mengetahui secara nyara keadaan kampus yang sebenarnya.

Pada Sabtu (10/2), empat sekolah menengah atas berkunjung ke Akademi Maritim (AKMI) Cirebon. Para guru dan perwakilan pelajar diterima oleh staf Pusat Informasi dan Humas AKMI. Jumlah masing-masing peserta yang berkunjung ke AKMI terdiri dari SMA 2 Ciamis dan SMA 1 Kawali sebanyak 45 pelajar dan 5 guru, serta SMK Pesantren Ciwaringin dan SMAN 1 Sliyeg sebanyak lebih dari 30 pelajar dan guru.

Salah satu guru perwakilan dari SMA Ciamis, mengatakan bahwa dirinya mengantarkan pelajar dari sekolahnya untuk mengunjungi AKMI adalah pertama kalinya, adapun kedepannya beliau ingin mengunjungi AKMI setiap tahunnya. Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan itu menambahkan bahwa agenda kunjungan rutin ke perguruan tinggi sudah disampaikan kepada setiap wali murid di sekolahnya. Sehingga, setiap orang tua atau kerabat/keluarga bisa mempersiapkan agenda keberangkatan muridnya sejak awal. “Pada saat penerimaan siswa baru, sekolah sudah menginformasikan bahwa akan ada kegiatan kunjungan ke PT yang dianggap potensial agar mereka (wali murid)  dapat mempersiapkan agenda ini,” imbuh Guru.

 

Senada dengan Guru Ciamis, guru perwakilan SMK Pesantren Ciwaringin menuturkan pula bahwa kunjungan ke kampus-kampus merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan di sekolahnya. “Tiap tahunnya, kami sengaja mengajak anak didik yang masih kelas X. Hal ini bertujuan agar mereka mengetahui informasi seputar kampus sejak awal,” pungkas guru.

Pada akhir kegiatan Kunjungan, AKMI mengajak Pelajar dan Guru ke Pelabuhan Cirebon guna mengenalkan keadaan mengenai fasilitas dan sarana angkutan laut serta kepelabunanan dan dipandu langsung oleh petugas KSOP serta instansi lainnya seperti Capt. Jasa Prijadi yang merupakan Nahkoda KM Kelimutu di mana kapal tersebut adalah milik PT. PELNI.